A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

DLH Aceh Barat Gelar Sosialisasi Program Kampung Iklim

DLH Aceh Barat Gelar Sosialisasi Program Kampung Iklim

Jumat, 26 Oktober 2018 17:25:01 Ikhwanul Farissa

Tim Program Kampung Iklim (Proklim) Aceh Barat dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan Sosialisasi Proklim, Kamis (25/10/2018). Acara tersebut dilaksanakan di Balai Desa Gampong Leuken Kecamatan Samatiga. Acara yang di buka secara resmi oleh Kepala DLH Kab. Aceh Barat Mulyadi, S.Hut ini dihadiri oleh sekitar 50 peserta sosialisasi yang terdiri dari Dinas DLH Kab. Aceh Barat, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Unsur PKK, Unsur Kecamatan, Aparatur Gampong dan warga Leuken hingga unsur Muspika.

Pada kesempatan ini juga menghadirkan 2 Fasilitator/Narasumber sosialisasi yaitu Fadli Octara, ST dari PUPR yang membahas masalah Penataan Ruang Gampong yang berbasis lingkungan dan Fauzi SH dari DLHK ACEH yang membahas tentang Proklim.

Dipilihnya Gampong Leuken pada kegiatan Proklim tahun 2018, karena DLH Aceh Barat menilai bahwa Gampong tersebut telah banyak melakukan kegiatan kegiatan yang bersinggungan langsung dengan Aksi adaptasi dan Mitigasi dari komponen Proklim. seperti penghijauan, reboisasi, taman apotik hidup, pertanian terintegrasi, gotong royong untuk kebersihan gampong dan aksi-aksi pelestarian lingkungan lainnya.

Gampong Leuken sangat potensial untuk sosialisasi dan pembinaan Proklimgampong hal ini terlihat dari kondisi gampong yang umumnya di dominasi dengan tutupan vegetasi/tumbuhan mewujudkan keasrian dari sebuah kawasan perkampungan.

Disamping itu, antusias masyarakat Leuken dalam pelaksanaan proklim juga cukup tinggi karena mereka merasa bahwa kegiatan-kegiatan dalam proklim sudah menjadi bahagian dari keseharian mereka di Gampong, seperti penanaman pohon buahan dan apotik hidup di perkarangan rumah serta kegiatan gotong royong bersih-bersih lingkungan.

Diketahui, Kegiatan Proklim ini sangat penting untuk dilakukan sebagai penguatan Kota Meulaboh (ibukota kabupaten) yang merupakan salah satu Kota yang diprogramkan oleh DLH Aceh Barat untuk peraihan Adipura dari sembilan Kabupaten/Kota yang prioritas. (Iwan)