A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Tiga Sekolah di Aceh Barat Raih Piala Adiwiyata Kabupaten

Tiga Sekolah di Aceh Barat Raih Piala Adiwiyata Kabupaten

Minggu, 20 Januari 2019 22:55:59 Ikhwanul Farissa

Tiga sekolah di Kabupaten Aceh Barat, Meulaboh meraih predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tahun 2018, Rabu 15/01/2019.

Tiga sekolah itu adalah SMP Negeri 3 Meulaboh, SMA Negeri 1 Meulaboh, dan MAN I Meulaboh.

Pihak SMP Negeri 3 Meulaboh menerima penghargaan Adiwiyata.

Pihak SMA Negeri 1 Meulaboh menerima penghargaan Adiwiyata.

Pihak Sekolah MAN 1 Meulaboh menerima penghargaan Adiwiyata.

Piala, Uang dan Sertifikat Pemenang Adiwiyata tingkat kabupaten tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Nourmaliza, SE. M.Si kepada pihak sekolah yang mendapat juara.

Tahun 2018 ada sekitar 15 sekolah yang mendapat pembinaan Adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Aceh Barat. Sekolah yang mendapat pembinaan ini selanjutnya dilakukan penilaian, yang akhirnya didapatlah ke 3 sekolah tersebut dengan nilai tertinggi.

Ada 4 komponen yang menjadi penilaian adiwiyata. Antara lain, kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan sekolah yang bersifat partisifatif, serta pengelolaan sarana prasarana ramah lingkungan.

“Program sekolah adiwiyata, salah satu tujuannya adalah merubah anak didik dari tidak peduli lingkungan menjadi peduli, termasuk guru-guru, dan juga seluruh warga sekolah sekolah lainnya. Ujar Nourmaliza.

“Tahun 2019, harap kami semakin banyak sekolah yang mau berpartisipasi dalam program Adiwiyata. Modal untuk menjadi pemenang cukup mudah, paling tidak yang paling penting sekolah dapat untuk membuat biopori di lingkungan sekolah, membuat komposter, menciptakan kebersihan lingkungan sekolah, melakukan penanaman pohon dan merapikan pohon serta berbagai kegiatan lingkungan lain”. Lanjut Nourmaliza.

Semoga torehan prestasi dan keberhasilan yang dicapai oleh sekolah yang menang dapat menjadi contah dan inspirasi bagi sekolah yang lain ya, terutama di Aceh barat. (IF)